Koleksi Foto Lintang Ayu, Foto lucu, Foto anak, gambar anak, gambar lucu. Belajar Fotografi, Teknik Fotografi, Cara Membuat Foto Bagus, Mendapatkan Penghasilan Dengan Jual Foto Online, Informasi sekitar Digital Stock Photography – Online Stock Photography

Cara mendapatkan Foto yang Bagus

Bagaimana cara mendapatkan Foto yang Bagus. Ini mungkin sulit sekali untuk mendapatkan jawabannya. karena foto yang bagus itu sangat relatif, dari segi mana kita menilainya.foto bagus

Namun secara umum dapat saya jelaskan dalam uraian berikut. Untuk mendapatkan sebuah foto yang bagus, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Di sini tidak akan saya tuliskan tentang teknik, peralatan yang dipakai, atau lokasi yang tepat untuk menghasilkan foto yang bagus. Karena untuk hak teknik di atas memiliki cara yang berbeda bagi masing-masing aliran fotografi, seperti landscape, portrait, wild life, dan sebagainya. Tetapi yang ingin dipertegas di sini adalah pengertian dari bagus dan hal-hal mendasar lainnya. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan:

  • Untuk bisa menghasilkan foto yang bagus, kita harus paham dulu seperti apa foto yang bagus itu. Tak mungkin kita bisa membuat foto yang bagus kalau kita sendiri sebenarnya tak tahu foto bagus itu seperti apa.
  • Definisi foto yang bagus bukanlah definisi yang verbal. Tak mungkin ada definisi yang bisa ditulis bahwa foto yang bagus itu seperti apa. Anda bisa menelan sepotong pizza dan bilang rasanya enak, padahal Anda bisa membuat definisi “enak” itu seperti apa bukan?
  • Untuk paham seperti apa foto yang bagus, kita bisa melatihnya dengan melihat foto orang lain yaitu dengan membuka-buka aneka majalah dan buku foto.
  • Manakala kita melihat sebuat foto dan tertarik, yakinkanlah diri anda bahwa foto itu bagus. Buktinya anda tertarik bukan?
  • Kemudian, perhatikan foto itu lalu buatlah pertanyaan di dalam hati: mengapa Anda merasa foto itu menarik. Apanya yang menarik? Apakah warnanya bagus, atau apakah orang dalam foto itu cantik, apakah susunan benda-benda dalam foto itu menarik, apakah suasana dalam foto menarik. Intinya Anda harus tau alasan apa yang membuat Anda merasa sebuah foto menarik.

  • Setelah anda tahu apa daya tarik sebuah foto, cobalah berpikir bagaimana cara membuat foto itu. Apakah fotografernya jongkok, apakah fotografernya harus naik tangga, apakah fotografernya kira-kira ngobrol dengan obyeknya, apakah fotografernya mujur dapat pencahayaan seperti itu, dan sebagainya.
  • Setelah dua langkah terakhir dilalui, sesungguhnya anda sudah punya bekal untuk membuat foto bagus bagi “adegan yang mirip dengan fot yang baru saja Anda amati”. Endapan memori akan sebuah foto bagus adalah bekal bagi anda untuk membuat foto yang situasinya mirip. dan makin banyak anda mengamati foto orang lain, makin banyak bekal bagi anda untuk bisa membuat foto yang bagus. ini bukan menjuplak, tapi menabung ide. di dunia ini tidak ada foto yang bisa sama sekali baru. sebuah foto pasti dihasilkan dari berbagai ide yang ada di benak sang fotografer.
  • Kalau sudah memiliki sebuah kamera digital, pakailah setiap hari. kamera digital apa pun mereknya, umur pakainya hanya sekitar enam tahun. kamera yang dipakai tiap hari jauh lebih awet daripada kamera yang dipakai sekali-kali saja. dengan memakai kamera setiap hari, anda sekaligus berlatih untuk bisa membuat foto yang bagus.
Untuk mendapatkan dan bisa membuat foto bagus memang perlu banyak mencoba, berlatih dan terus mencoba dengan berbagai macam teknik. Selamat mencoba.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Cara mendapatkan Foto yang Bagus. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kenangan-lintang.blogspot.com/2010/05/cara-mendapatkan-foto-yang-bagus.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Joko Catur - Kamis, 06 Mei 2010