Koleksi Foto Lintang Ayu, Foto lucu, Foto anak, gambar anak, gambar lucu. Belajar Fotografi, Teknik Fotografi, Cara Membuat Foto Bagus, Mendapatkan Penghasilan Dengan Jual Foto Online, Informasi sekitar Digital Stock Photography – Online Stock Photography

Pengertian Megapixels, 5 megapixels adalah 3504 x 2336 pixels

Pengertian Megapixels, sebuah kamera dengan 3 megapixels berarti mempunyai ukuran pixel 2048 (P) x 1536 (L) sedangkan untuk 5 megapixels adalah 3504 x 2336 pixels.

Kamera digital semakin murah dan terjangkau sehingga dan hampir setiap orang memilikinya saat ini, tapi tahukah anda bahwa ada suatu mitos mengenai megapixels (megapixels myths)?

Kamera digital terbaru saling berlomba untuk memberikan kapasitas atau resolusi atau megapixels yang besar. Apakah megapixels yang besar berarti kualitasnya semakin baik?
Apakah anda juga tahu semakin besar megapixels semakin mahal harganya tetapi apakah anda membutuhkannya?

Sebuah kamera dengan 3 megapixels berarti mempunyai ukuran pixel 2048 (P) x 1536 (L) sedangkan untuk 5 megapixels adalah 3504 x 2336 pixels. Apakah ukuran 5 megapixels akan selalu lebih baik dibandingkan dengan 3 megapixels? Jawabannya TIDAK!

Kesimpulannya selama anda tidak akan mencetak atau membuat gambar di web dengan ukuran besar maka berapapun megapixels yang ada di kamera tidak akan berpengaruh pada kualitas. Biasanya megapixels yang besar memiliki beberapa kekurangan:
- ukuran file lebih besar dan waktu transfer file lebih lama
- membutuhkan memory (tempat penyimpan file) yang lebih besar
- membutuhkan PC yang mumpuni untuk mengedit foto

Jika anda membutuhkan foto untuk dicetak dalam ukuran yang besar, maka pilihlah kamera dengan megapixels yang besar. Sebagai contoh anda akan mencetak foto yang diambil dengan kamera 8 megapixels dan 3 megapixels. Jika anda mencetak di atas kertas berukuran 10 x 15 cm anda tidak dapat membedakan kualitas megapixels tersebut. Tetapi jika dicetak di kertas 30 x 40 cm perbedaan kualitas megapixels tersebut akan kelihatan.

Sebenarnya bisa saja hasil foto kamera 3 megapixels dicetak di atas kertas 30 x 40 cm tetapi hasilnya tidak tajam (pecah) dan kurang bagus kualitasnya. Jika hanya untuk dicetak dalam ukuran 4R atau hanya akan di share di web maka saran saya tidak perlu menghamburkan banyak uang untuk membeli kamera yang 10 megapixels.

Satu lagi kelebihan kamera digital dengan megapixels yang besar adalah memungkinkan anda untuk men-crop foto.

Semoga artikel ini menjadi salah satu acuan/pedoman bagi anda yang ingin membeli kamera digital.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Teknik Fotografi dengan judul Pengertian Megapixels, 5 megapixels adalah 3504 x 2336 pixels. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kenangan-lintang.blogspot.com/2010/01/pengertian-megapixels-5-megapixels.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonim - Kamis, 07 Januari 2010

1 Komentar untuk "Pengertian Megapixels, 5 megapixels adalah 3504 x 2336 pixels"

  1. artikelnya bermanfaat sekali buat saya. maaf mau tanya kalau mau beli kamera digital harus yang bagaimana

    BalasHapus